3 Tradisi Unik Di Indonesia Yang Tidak Habis Pikir

Posted on

Biasanya, pelaksanaan tradisi yang masih kuat berada di daerah pedesaan. Ada juga daerah kota yang melaksanakan kegiatan tradisi, namun masyarakat kota melakukannya lebih kepada untuk menjaga kelestarian budaya sekaligus sarana hiburan bagi masyarakat.

Jika di daerah pedesaan, masyarakatnya masih menganut keyakinan terhadap berlangsungnya tradisi tersebut. Misalnya, jika melakukan ini dan itu pada waktu tertentu, maka hasil panen kaan melimpah.

Kalau kamu mengaku orang Indonesia, yuk kenali lebih dekat apa saja tradisi unik Indonesia yang dijamin bakal seru abis.

1. Tawur nasi.  Jangan salah sangka. Tawuran jenis ini justru bergembira, bukan menyerang dengan kebencian dan dendam.

Senjatanya juga berupa nasi. Kalau dipikir-pikir memang sayang juga senjatanya berupa nasi. Mengingat harga beras mahal dan para petani yang sudah bersusah payah menanam padi. Tapi nyatanya seluruh warga melakukan dengan gembira!

Ternyata, nasi-nasi yang sudah digunakan untuk saling melempar tersebut akan dikumpulkan untuk pakan ternak. Hmm… kalau begitu nasinya tetap bermanfaat ya.

2. Balimau Kasai.  Rasa syukur memasuki bulan ramadhan diekspresikan oleh warga Kabupaten Kampar, Riau dengan cara mandi beramai-ramai di sungai Kampar menggunakan limau atau campuran jeruk, dan keramas menggunakan kasai

Ritual besar-besaran ini diikuti seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemuka adat, pemuka agama, pejabat pemerintah, sampai maysarakat umum.

Masyarakat Kampar percaya bahwa pengharum rambut yang digunakan untuk keramas itu dapat mengusir segala macam rasa dengki yang mendiami pikiran. Oh ya, sebelum menceburkan diri ke sungai, ada acara santap bersama terlebih dahulu yang disebut Makan Majamba.

3. Debus.  Atraksi debus ini cukup mengerikan. Atraksi ini berasal dari Provinsi Banten. Orang-orang yang melakukan debus, akan memperlihatkan kemampuan super seperti menyayat atau mengoleskan api pada kulit sendiri, berguling di atas serpihan beling, menginjak paku atau bara api menyala.

Ada juga yang sampai menyiram tubuh dengan air keras. Pada saat yang sama, mereka sama sekali tidak terluka atau merasakan sakit. Seolah-olah ada kekuatan seperti superman atau batman dalam diri mereka. Praktisi debus ini terdiri dari orang-orang dewasa, remaja dan anak-anak.

Gravatar Image
Game is a life