4 Film Terkenal Ini Ternyata Plagiat Anime Jepang

Posted on

Ide cerita sebuah film bisa dibagi menjadi dua, yaitu ide orisinal dan ide adaptasi atau terinspirasi cerita lain. Kedua teknik ini sah-sah saja dalam dunia perfilman. Tetapi, meskipun begitu masih ada saja cerita film yang menjadi kontroversi. Beberapa film tersebut berada di zona abu-abu karena termasuk cerita orisinal, tapi dianggap mirip dengan cerita lain yang sudah ada sebelumnya.

Membahas mengenai cerita film yang kontroversial karena alasan di atas, berikut film Hollywood ternyata plagiat anime jepang. Pasti gak tau kan ? berikut infonya.

1. The Lion King.   film ini dinilai mirip dengan serial animasi Jepang berjudulKimba the White Lion. Meskipun terbilang lawas, film ini masih menuai kontroversi. Pasalnya, karakter yang menonjol serta alur ceritanya sangat mirip dengan anime karya Osamu Tezuka.

Kemiripan yang paling kentara adalah karakter Simba (The Lion King) dan Kimba (Kimba the White Lion). Bahkan, Matthew Broderick yang berperan sebagai Simba dalam film The Lion King berpikir dirinya tengah menggarap film untuk serial Kimba.

2. The Matrix.  film ini dituding mirip dengan serial manga Jepang, Ghost in the Shell. Namun, dalang di balik The Matrix tidak berdiam diri. Joel Silver, sang produser, jujur mengatakan bahwa ia dan timnya ingin mengadaptasi manga tersebut menjadi live action.

Sebaliknya, Mamoru Oshii, sutradara Ghost in the Shell (1995) menyatakan ia mendukung keberadaan film live action tersebut. Disutradarai oleh Lana-Lilly Wachowski, The Matrix juga telah mengeluarkan sekuelnya, yaitu The Matrix Reloaded (2003) dan The Matrix Revolutions (2003).

3. Van Helsing.  Van Helsing hanya memiliki satu kemiripan dengan serial novel Jepang yang dijuduli Vampire Hunter D. Di mana kostum sang tokoh utama, Abraham Van Helsing (Hugh Jackman) sama dengan salah satu karakter di novel karya Hideyuki Kikuchi, yakni mengenakan pakaian hitam panjang lengkap dengan topi ala koboi.

4. Avatar.  Film garapan James Cameron ini mungkin tak berniat untuk menduplikat anime Jepang besutan Studio Ghibli berjudul Princess Mononoke, namun terdapat beberapa kesamaan di antara keduanya.

Jika dalam Avatar terdapat Jake Sully yang dikirim ke negeri bernama Pandora, dalam animasi Princess Mononoke juga terdapat penyelundup manusia yang masuk dalam masyarakat hutan belantara. Sama-sama menjalankan misi, dalam kedua film, sosok manusia malah berbalik arah membela makhluk asing yang mereka teliti.

Gravatar Image
Game is a life