OXFORD, UNITED KINGDOM - JUNE 29: Leader of the Conservative Party, David Cameron cracks his knuckles after assembling a water delivery system with frontline Oxfam workers at Oxford Town Hall on June 29, 2006 in Oxford, England. The Witney MP and leader of the opposition, visited Oxfam's head quarters before a speech reaffirming the Tories' commitment to put poverty at the top of the political agenda. (Photo by Bruno Vincent/Getty Images)

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Membunyikan Persendian Tulang

Posted on

Memang rasanya melegakan dan nikmat jika sesudah beraktivitas seharian penuh badan terasa pegal – pegal lalu menggerakan anggota badan hingga berbunyi “kreeeekkk kreeeekk”.

Dalam medis hal tersebut tidak dibenarkan. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Selain itu ada begitu banyak bahaya terlalu sering membunyikan persendian tulang dengan sangat sering dan terlalu keras.

1. Hilangnya Kontrol Persendian.  Membunyikan persendian bisa mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Untuk mampu bergerak ruas jari kita tentunya membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Jika ini gagal dilakukan otak, persendian anda akan susah digerakan dan akan nampak seperti robot yang kaku.

2. Rapuhnya Tulang Rawan.   Menurut Edmund Edelma, ketua German Rheumatologists Association (BDRh), Suara bunyi “kreek”berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Membunyikan bagain ruas jari dapat merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan.

Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus – menerus itu tidak baik karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat merapuhkan hingga menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya.

3. Bergesernya Bantalan Sendi Tulang Belakang.  Menurut dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus, Dengan anda membunyikan persendian tulang punggung anda dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan Syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Sehingga akan terjadi pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis).

4. Persendian menjadi Aus.  Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan misalnya 5 menit sekali, maka bisa berpotensi menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi kronis di kemudian hari.

5. Pelemahan Kekuatan Tangan.  Efek Lainnya adalah persendian kita akan membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan. Dengan besaran pelemahan kurang lebih seperempat dari kekuatan tangan yang seharusnya. Membunyikan buku jari tangan dan persendian tulang lainnya akan terasa ketika kita sudah tua nanti, 30 hingga 40 tahun mendatang.

 

Gravatar Image
Game is a life