Ini Fakta Luar Angkasa Yang Paling Tidak Diketahui Banyak Orang

Posted on

Luar angkasa masih menjadi misteri bagi banyak orang. Namun, berkat astronaut, kita bisa memperoleh informasi sedikit demi sedikit tentang luar angkasa. Kita jadi tahu Bumi seperti apa dari luar angkasa.

Kita juga jadi tahu kalau ada planet lain selain Bumi. Beberapa informasi tentang luar angkasa sedikit banyak dimasukkan ke dalam buku pelajaranmu. Kenyataannya di luar angkasa nggak seperti bayanganmu.

Beberapa juga nggak semirip yang ada di bukumu lho. Berikut 5 fakta luar angkasa yang tidak dipelajari disekolahmu hingga saat ini.

1. Merkurius Dekat Matahari Tapi Nggak Panas.  Merkurius bisa jadi planet yang paling dekat dengan matahari. Bisa kebayang panas banget kan? Kenyataan Merkurius bukanlah planet dengan suhu paling panas. Planet Venuslah yang memiliki temperatur paling panas. Letaknya justru di belakang Merkurius.

2. Matahari Warnanya Putih.  Kebanyakan kita mengira matahari ini berwarna merah atau jingga. Sebenarnya, matahari berwarna putih jika kita lihat secara dekat dan menggunakan teropong, namun teropong khusus dari NASA.

3. Manusia Bisa Meledak di Luar Angkasa.   Tanpa baju luar angkasa, manusia bisa meledak, begitulah mitos yang ditunjukkan di film-film. Kenyataannya manusia nggak meledak seperti dalam film. Saat manusia melepas baju luar angkasanya, secara perlahan nggak ada pasokan oksigen ke dalam tubuh.

Tekanan rendah di luar angkasa bisa sangat berbahaya bagi paru-paru, hati, dan otak. Manusia masih meninggal secara perlahan-lahan karena tersiksa tak mendapat oksigen.

4. Bumi Selalu Berputar Tetap dalam Orbitnya.   Bumi selalu berputar tetap dalam orbitnya memang benar. Tapi nggak selalu dalam jalurnya lho, nggak seperti kereta yang selalu ada dalam relnya. Hal yang perlu kalian tahu adalah bumi terkadang mendekati dan menjauhi matahari lho. Namun, nggak berasa kan?

5. Bumi Mirip Bola.  Di gambar-gambar yang ada di internet, bumi terlihat bundar sempurna seperti bola. Namun kenyataannya, bumi itu lebih mirip kentang dan buah pir daripada bola.

Gravatar Image
Game is a life