Inilah Cara Kerja Virus Flu Ketika Masuk Di tubuh Kita, Jaga Kesehatan Ya Gaes !

Posted on

Langsung saja kita bahas cara kerja virus flu agar Anda semau mengetahui bagaimana pentingnya menjaga kesehatan.

Pada 24 jam hingga 48 jam pertama

Virus flu masuk ke saluran pernapasan. Bisa terhirup melalui udara atau ditularkan dari orang lain yang terkena flu saat mereka batuk atau bersin. Selain itu, virus flu juga bisa masuk melalui tangan yang menyentuh wajah. Setelah masuk, virus flu mulai menempel pada sel yang melapisi saluran pernapasan, kemudian memperbanyak diri.

Sejauh ini, Anda tak akan mengalami gejala apapun dan tak merasa kehadiran virus tersebut. Sayangnya, pada tahap ini Anda juga tak bisa melakukan banyak karena Anda belum menyadari sudah tertular virus flu.

Pada hari ke-5 sampai ke-7

Sel imun mulai bekerja dan bergerak ke lokasi tempat virus memperbanyak diri. Sel imun kemudian juga memberikan sinyal pada molekul untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Selanjutnya, tubuh akan meningkatkan kekebalan sebagai respon atas serangan virus dan berusaha mencegah agar virus tidak menginfeksi sel lainnya.

Pada tahap ini, Anda akan mengalami gejala-gejala umum flu seperti demam, rasa lelah, sering bersin, merasa dingin, dan mengalami rasa sakit pada otot. Ketika mengalami gejala seperti ini Anda bisa menguranginya dengan minum teh, minum aspirin atau acetaminophen untuk meredakan demam. 

Namun sebenarnya, hal yang paling baik dilakukan pada tahap ini adalah beristirahat. Pada tahap ini Anda juga sangat berkemungkinan menularkan virus flu pada orang lain. Jadi lebih baik beristirahatlah di rumah dan tidak pergi kerja agar bisa lekas sembuh dan tidak menularkan virus pada rekan kerja yang lain.

Bergantung pada sistem kekebalan tubuh dan perawatan yang Anda lakukan, flu bisa bertahan hingga beberapa hari atau mereda dengan cepat. Ketika sudah akan mereda, selanjutnya ini yang akan terjadi pada tubuh Anda.

Pada hari-hari terakhir

Karena sistem kekebalan tubuh yang kuat, akhirnya tubuh bisa mematikan virus flu. Peradangan yang terjadi pada tubuh pun semakin berkurang. Pada tahap ini Anda mungkin masih merasakan lemah dan rasa tak nyaman pada tenggorokan, namun demam sudah turun dan gilang.

Pada tahap ini, tingkat penularan virus juga sudah turun sehingga Anda bisa kembali beraktivitas. Meski begitu, lebih baik jika Anda tetap istirahat hingga kembali sehat dan bugar.

Itulah beberapa tahapan yang terjadi pada tubuh ketika Anda mengalami flu. Penting untuk diketahui bahwa Anda sangat bisa menularkan virus flu pada orang lain ketika Anda merasakan gejala. Mulai dari gejala demam, pusing, hingga bersin dan batuk. Jadi perhatikan dengan baik ketika Anda mengalami gejala, dan bijaklah untuk tidak menularkan virus flu pada orang-orang di sekitar Anda.

Gravatar Image
Game is a life