Menakjubkan, Fenomena Langit Yang Sangat Unik Dan Jarang Ada

Posted on

Fenomena Alam adalah peristiwa non artifisial dalam pandangan fisika yang bisa jadi akibat ulah manusia maupun memang perbuatan alam. Fenomena yang terjadi pada alam yang berada di sekitar kita seperti misalnya gempa bumi, letusan gunung merapi, banjir dan lain lain.

Namun pernahkah di Indonesia, anda melihat fenomena pada langit yang memang jarang terjadi ataupun anda lihat seperti yang akan kami jabarkan dibawah ini.

1. Fire Whirls Atau Pusaran Api.  Fire Whirls atau Pusaran Api ( juga dikenal sebagai setan api atau tornado ) muncul di dalam atau di sekitar amukan api ketika kombinasi yang tepat dalam suatu kondisi.

Pusaran Api dapat muncul oleh peristiwa alam lainnya seperti gempa bumi dan badai, dan bisa sangat berbahaya, dalam beberapa kasus berputar keluar dari zona api itu sendiri untuk menyebabkan kerusakan dan kematian dalam radius bahkan tidak terjangkau oleh panas atau api.

Pusaran Api telah selama ini diketahui mencapai hampir satu mil tingginya, memiliki kecepatan angin lebih dari 100 mil/jam dan berlangsung selama 20 menit atau lebih.

2. Mammatus Clouds Atau Awan Mammatus.  Mammatus cloud adalah suatu fenomena dimana awan dilangit berbentuk seperti balon terbalik, bergelembung-gelembung, bergelombang terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah dan menakjubkan.

Mammatus cloud terbentuk dari berbagai macam formasi kristal-kristal es di awan yang terbentang sejauh ratusan kilometer. Biasanya terjadi di awan cumulonimbus, altocumulus, altostratus dan awan cirrus.

3. Noctilucent Cloud Atau Awan Noctilucent.  Awan Noctilucent adalah awan yang sangat tinggi secara atmosfir yang membiaskan cahaya pada senja ketika matahari telah tenggelam, mengiluminasi/menyinari langit dengan cahaya yang tak tampak.

4. Aurora Borealis.   Pada belahan dunia selatan juga dikenal dengan nama Aurora Australis, Aurora Borealis adalah partikel bermuatan listrik dari matahari yang telah mencapai bagian teratas atmosfir bumi dan menjadi sangat aktif. Aurora biasanya sering terlihat di daerah dekat kutub dan pada waktu dimana siang dan malam sama panjang

Gravatar Image
Game is a life