Fakta Tentang Hidup Di Luar Angkasa Yang Bikin Kaget

Posted on

Teknologi makin canggih. Ada banyak penelitian yang menyebutkan kamu di luar angkasa ada tempat yang bisa dijadikan tempat tinggal layaknya Bumi. Yah… walaupun bekamum terbukti dan dicoba sih. Akan tetapi udah banyak banget nih orang yang penasaran dan pengen di luar angkasa.

Sebelum kamu nabung dan beneran ke luar angkasa, mendingan simak fakta dasar ini dulu deh. Jangan sampai ntar kamu kaget kakamu luar kehidupan di luar angkasa tuh beda dari apa yang ada di kepala kamu. Ini fakta hidup di luar angkasa.

1. Dalam sehari kamu bakal ngeliat Matahari terbit sebanyak 16 kali. Jangan kira, porsi siang dan malam di luar angkasa, sama kayak di Bumi kamuh. Di sana Matahari terbit dan terbenam tiap 90 menit. Kebayang dong, seberapa cepat siang dan malam di sana. 

Kamu kudu siap dengan kondisi yang kayak gitu. Di sana udah ada jam yang diatur sama kayak di Bumi. Kamu bisa ngeliat deh, kapan waktu buat tidur dan kapan waktu buat beraktivitas.

2. Ternyata hampir semua astronot mengalami mabuk luar angkasa. Jangan kira, cuma ada mabuk darat doang gara-gara kelamaan naik busa. Ternyata para astronot juga ngalamin mabuk luar angkasa. Karena gravitasi 0, astronot yang baru pertama ke luar angkasa bakal ngerasa kayak badan mereka kebalik. Mereka bingung ngerasain posisi anggota tubuh mereka. 

Lebih dari separuh astronot pernah ngalamin ini. Biasanya sih mereka langsung pusing, muntah, dan lemes. Miriplah kayak orang mabuk pas naik bus. Setelah beberapa hari, mabuk itu bakal hilang dengan sendirinya.

3. Kamu bisa sembuh dari penyakit mendengkur.  Ada nggak nih yang kakamu tidur selalu mendengkur dan suaranya keceng banget lagi? Hihi. Menurut penelitian yang dilakuin pada tahun 2001, astronot yang selalu mendengkur saat tidur di Bumi bakal berubah jadi anteng banget pas di luar angkasa. Ini karena pengaruh gravitasi 0 di luar angkasa.

4. Setelah balik ke Bumi, kamu mungkin lupa sama gravitasi. Saat sampai di Bumi lagi, orang akan ngerasain mabuk kayak pas pertama sampai di luar angkasa. Kakamu kelamaan di luar angkasa, bisa juga kamu lupa sama adanya gravitasi. Kamu asal nerbangin barang gitu aja seolah-oleh semua bakal melayang.

Gravatar Image
Game is a life