Aktor-Senior

Karena Lakukan Ini, TKI Indonesia Dapat Emas & Warisan dari Majikannya

Posted on

Mantan peraih penghargaan sebagai aktor terbaik di Golden Horse Awards, Chen Cong yong (76) yang hidup sendiri selama ini. Baru-baru ini kondisi kesehatannya dikabarkan memburuk. Tahun lalu, ia dirawat inap di rumah sakit karena terjatuh. Gejala efusi pleura (penumpukan cairan di antara dua jaringan yang melapisi paru-paru dan rongga dada). Dilansir dari Erabaru, Saat di rumah sakit, ia tidak dapat menahan diri mengungkapkan kepada media setempat mengenai kondisi kesehatannya. Ia mengatakan bahwa beberapa kali dirinya hampir tewas, dan ia merasa benar-benar bahagia bisa menikmati hidup hingga usia 80 tahun sekarang!

Selama ini aktivitas sehari-hari aktor gaek yang tidak, memiliki isteri dan anak ini semuanya diurus oleh pembantu setianya asal Indonesia bernama Yule. Chen Cong yong juga mengungkapkan kepada media, bahwa dia telah menyiapkan 2 juta NTD. Atau setara dengan 860 juta rupiah untuk Yule saat pulang ke kampung halamannya. Uang ini diberikan dengan harapan Yule bisa memanfaatkannya sebagai modal untuk usaha, dan sebagai wujud ucapan terima kasih-nya atas perawatan Yule selama ini.

Film

Selama beberapa tahun terakhir ini, Chen Cong yong didera komplikasi penyakit. Dan sang aktor yang hidup sendirian selama ini berencana, memberikan 2 juta NTD (sekitar 860 juta rupiah) kepada PRT yang merawatnya selama ini sebagi tanda ucapan terima kasih. Kondisi kesehatan artis senior Chen Cong yong baru-baru ini memang memburuk, saat diwawancarai “Apple Daily” setempat, ia mengungkapkan bahwa dia sudah banyak mengendalikan pola hidupnya sejak dililit penyakit. Namun, beberapa tahun ini ia selalu disiksa oleh penyakit yang menderanya, sebulan harus berulang kali keluar masuk rumah sakit.

Chen

Pada 10 tahun yang lalu, ia sempat lumpuh karena stroke, kemudian menjalani operasi katarak, dan tahun lalu juga sempat terjatuh hingga mencederai pinggang. Selanjutnya dan secara silih berganti muncul beragam masalah (penyakit) jantung, efusi pleura dan ginjal. Segenap badan nya tak ubahnya seperti sebuah mesin yang rusak, banyak penyakitnya, katanya kepada Apple Daily Taiwan. Meski menderita stroke, diabetes, penyakit jantung, depresi dan komplikasi (penyakit) lainnya, selama 11 tahun terakhir ini, tapi ia akan menghadapinya dengan tegar.

Chen

Bagaimana pun juga beberapa kali ia hampir meninggal dunia, jadi tidak takut lagi. Bahkan sambil tertawa ia berkata bahwa bisa hidup hingga usia 80 tahun ini juga suatu anugerah Tuhan untuknya.  “Usia 80 tahun adalah masa menikmati hidup, jadi rasanya sudah sangat bahagia bagi orang tua seperti saya ini,” ungkapnya kepada wartawan yang meliputnya di rumah sakit. Selain itu, Chen Cong yong juga mengungkapkan bahwa dia telah mempersiapkan pemakamannya. Dia mengatakan bahwa selama tiga tahun ini dia mengandalkan Yule.

Aktor

Pembantunya untuk merawatnya, membuatnya yang tidak memiliki isteri dan anak ini bisa merasakan kehangatan keluarga. Interaksinya dengan Yule tak ubahnya seperti seorang ayah dengan anak sendiri, jadi dia juga meminta Yule memanggilnya “Abah”. Selain memuji Yule yang rajin, baik dan telaten merawatnya dengan tulus, Chen Cong yong juga tidak menampik bahwa dia telah menyiapkan sejumlah uang untuk Yule. Dan ia merasa benar-benar bahagia bisa menikmati hidup hingga usia 80 tahun sekarang! Agar dia dan suami serta anaknya memiliki kehidupan yang lebih baik saat pulang ke kampung halamannya.

TKI

“Selama saya sanggup, saya akan memberikan apa pun yang diminta Yule. Bagi saya, Yule bukan pembantu tapi keluarga, putri saya, selain sebelumnya memberinya perhiasan emas puluhan juta rupiah.” Chen Cong yong juga sudah memikirkan tiga tahun yang akan datang Yule pasti akan pulang ke kampung halamannya. Jadi dia memutuskan memberi 2 juta NTD atau sekitar 860 juta rupiah sebagai modal usaha untuknya saat kembali ke Indonesia nanti. Jika Tuhan berkehendak lain lebih dulu“memanggilnya”sebelum Yule pulang ke Indonesia. Maka uang ini tetap akan diberikan kepadanya.

“Meski tidak banyak, tapi mungkin dia tidak akan bisa mengumpulkan uang sebanyak itu di kampung halamannya, kalau bisa bantu pasti saya bantu semampunya,” kata sang aktor senior Chen Cong.

Dikutip dri Tribunnews.com

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.