Saus

Tau gak Kalau ‘Ketchup’ dan ‘Sauce’ Ternyata Beda…

Posted on

Penyebutan ketchup dan saus sering dipakai untuk hal sama. Padahal dari segi bahan dan pembuatan, keduanya berbeda.

Menambahkan sedikit saus atau ketchup ke dalam makanan membuat makanan terasa lebih nikmat. Hal ini disebabkan rasa unik keduanya yang bisa mempengaruhi cita rasa makanan.

Melalui NDTV (26/10), Chef Akshay Nayyar dari Kopper Kadai menjelaskan perbedaan kedua istilah ini. Ketchup adalah saus olahan yang diawetkan. Bahannya tomat, gula dan cuka. Digunakan sebagai penambah rasa dan disajikan dingin, serta umum digunakan sebagai cocolan.

SausageKetchup merupakan sebutan untuk saus tomat dalam Bahasa Inggris. Punya fungsi, tekstur dan rasa yang nyaris sama, membuat ketchup sering disamakan dengan ‘sauce’. Padahal istilah ‘sauce’ tidak selalu digunakan untuk sebutan saus saja. Di Amerika, istilah ‘sauce’ justru lebih sering digunakan sebagai sebutan bumbu.

Namun secara tradisional, ketchup dibuat dari putih telur, jamur, tiram, kenari dan makanan lainnya. Tekstur dan rasanya yang enak membuat ketchup banyak digemari.

Caos

Sedangkan sauce atau saus adalah istilah generik yang mengacu pada zat semi cair yang digunakan untuk memasak makanan agar memberikan jumlah kelembaban yang dibutuhkan. Sauce disajikan secara terpisah namun selalu dimasak segar.

Tekstur dan viskositas saus tergantung pada penggunaannya, saus yang digunakan sebagai media masak biasanya memiliki viskositas lebih rendah.

Hal yang membuat mereka berbeda yaitu ketchup bisa menjadi saus, tapi tidak semua saus adalah ketchup. Sebagai aturan, ketchup bisa saja dingin dan tidak perlu dipanaskan. Di sisi lain, saus digunakan dalam masakan dan umumnya disajikan panas.

Sambal

Saus adalah kata universal, tak heran jika sering digunakan. Seperti pada saus spaghetti, saus barbeque atau saus steak.

Istilah saus sebetulnya berasal dari bahasa latin ‘salsas’ yang berarti asin. Diciptakan untuk membantu meningkatkan rasa makanan, bahkan juga sebagai bahan pelunak daging.

Sementara itu istilah ketchup berasal dari China ‘Koechiap’ yang berarti air asin dari ikan. Kemudian istilah ini merujuk pada semua saus dengan cuka. Namun, semakin lama merujuk kepada saus tomat, hal ini hal yang menyebabkan ketchup sering disamakan dengan saus.

Dikutip dari Detik.com

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.