Cium

5 Penyakit Mengerikan Ini Bisa Ditularkan Lewat Ciuman, Nomer 4 Ngeri Banget

Posted on

Aktivitas berciuman sering dilakukan oleh kedua pasangan suami istri yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi keduanya. Namun, kamu harus hati-hati karena ternyata ada beberapa penyakit menyeramkan yang bisa ditularkan akibat aktivitas berciuman.

Penyakit menyeramkan yang ditularkan disebabkan karena perbindahnya bakteri dari mulut ke mulut akibat adanya kontak fisik. Sebagaimana diungkapkan dalam penelitian bahwa berciuman dalam 10 detik akan dapat memindahkan sekitar 80 juta bakteri yang terdapat pada mulut, lho. Dilansir dari laman self.com, inilah penyakit berbahaya yang dapat ditularkan lewat ciuman.

1. Herpes

Herpes adalah penyakit mengerikan yang menyerang kulit, penyakit ini disebabkan oleh Human Herpes Virus, disingkat HHV. Sekitar 2/3 populasi dunia di bawah usia 50 tahun memiliki herpes simpleks 1 (HSV-1).

Herpes

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, HSV-1 terkadang menimbulkan luka dingin di dalam dan di sekitar mulut. “Jika kamu mencium seseorang dengan luka di mulut mereka, selaput lendir membuat herpes mudah ditularkan,” kata Idries Abdur-Rahman, M.D., seorang dokter kandungan.

2. Sifilis

Sifilis

“Sifilis adalah kondisi yang sangat menular, dan salah satu ciri utamanya adalah perkembangan luka di mulut,” kata dewan dokter kandungan Antonio Pizarro, M.D. “Luka yang biasanya bulat dan terbuka menular melalui ciuman,” tambah Pizarro. Luka dan virus penyebab sifilis ini harus dibersihkan dengan bantuan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

3. Meningitis

Meningitis

Penyakit mematikan ini disebabkan oleh bakteri atau virus. Bakteri meningitis biasanya menyebar melalui kontak dekat, termasuk berciuman, bakteri tersebut cenderung menyebabkan meningitis di inang, kata Carpenter.

4. Infeksi mononukleosis

Infeksi

Infeksi Mono ini disebabkan oleh virus yang mudah ditularkan melalui ciuman. Salah satu tandannya adalah kelelahan yang hebat, sakit tenggorokan dan kelenjar getah bening yang membengkak.

5. Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan yang menyerang gusi. Bakteri penyebab penyakit ini bisa ditularkan melalui ciuman.

Gigi

Jika terkena, hal ini akan berpotensi menyebabkan gusi merah meradang khas yang menandakan gingivitis. Cara terbaik untuk melindungi kamu dari penyakit ini adalah dengan melakukan perawatan kesehatan mulut yang benar dan teratur.

– Dikutip dari Brilio.net

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.