ATM

Jangan Gegabah! Ternyata Ini Lho 3 Tanda Bahwa ATM Di Sekitarmu Sudah Dihack!

Posted on

Siapa yang tidak pernah mampir ke ATM atau Anjungan Tunai Mandiri? Tentu siapa saja pasti pernah, ATM memang diciptakan untuk membantu mobilitas kita yang kian hari semakin tinggi.

Namun tak selamnya ATM itu aman, jika kita lengah sedikit saja bisa jadi tabungan kita bakal hilang. Seperti 3 foto berikut ini, foto-foto ini menunjukkan bagaimana cara orang masa kini mencuri data ATM Anda, berikut ulasannya :

1. Memasang alat skimmer

Skimmer adalah alat yang serupa dengan slot ATM, fungsi dari alat ini adalah untuk mencuri data seseorang saat memasukkan kartu mereka di slot ATM. So, sebelum menggunakan ATM ada baiknya kamu cek slot ATM apakah goyang atau tidak, jika bergoyang bisa jadi sudah ditempeli skimmer

Skimmer

2. Menggunakan kamera tersembunyi

Selain CCTV ternyata ada kamera tersembunyi yang ditempatkan di sejumlah ATM, tujuannya adalah untuk mencuri kode pin kamu. Kamera tersebunyi ini biasanya terletak di dekat tombol, di atas layar dll. Untuk mendeteksinya cukup gampang, jika ada lubang kecil yang mencurigakan segera tutup lubang itu dengan jari-jemari Anda atau jika Anda yakin tidak aman, cobalah menggunakan ATM lainnya.

3. Pelat penutup di atas keypad

Menggunakan plat penutup alias keypad palsu juga sering digunakan para pelaku pembobol ATM, tujuannya hanya satu memecah kode informasi pada ATM yang Anda miliki.

Plat

Jadi, jika Anda menemui salah satu dari ketiga kejanggalan di atas ada baiknya Anda berpindah ATM, jangan nekat kalau tidak mau tabungan Anda raib. Itu tadi beberapa tips aman menggunakan ATM, jangan lupa share ya!

– Dikutip dari Keepo.me

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.