Belanja

PENTING!! Tips Hemat Bagi Ibu Rumah Yang Wajib Untuk Diketahui dan Dilakukan

Posted on

Seorang ibu rumah tangga memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Dia adalah penggerak rumah tangga, yang tugasnya sangat kompleks.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika sesekali seorang ibu menghabiskan waktu luangnya sambil berbelanja di luar rumah, seperti ke supermarket atau pun swalayan terdekat.

Namun, terkadang ibu rumah tangga kurang maksimal dalam melakukan penghematan untuk keuanganya. Mengapa demikian?

Berikut cara efektif berhemat saat berbelanja di supermarket agar tidak melebihi budget :

1. Sebaiknya Belanja Makanan Seminggu Sekali

Jika Anda biasanya berbelanja ke supermarket hampir setiap hari, karena banyaknya kebutuhan, ubahlah kebiasaan tersebut menjadi cukup berbelanja hanya satu minggu sekali saja. Anda bisa memulainya dengan membuat list belanjaan yang benar-benar diperlukan.

2. Tidak Usah Menggunakan Troli

Semuanya memang tergantung kebutuhan Anda, jika hanya memerlukan beberapa barang saja, cukup gunakan keranjang belanja kecil saja.

Tidak usah memaksakan untuk menggunakan troli belanjaan yang terkesan besar dan luas, sehingga memungkinkan untuk belanja barang apa saja yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

3. Gunakan Rumus Mencatat 12 Produk

Anda telah membuat catatan belanja di awal tadi, usahakan menggunakan rumus 12 produk ini, di mana dalam daftar hanya ada daftar nama dan harga dari 12 kebutuhan rutin yang memang penting. Kebutuhan ini seperti : susu, roti, beras dan sebagainya.

4. Pastikan Harga di Kasir Sudah Benar

Petugas yang menjadi kasir di swalayan tentunya akan selalu mengupgrade informasi produk baru serta adanya diskon di toko mereka.

5. Memanfaatkan Kartu Diskon Semaksimal Mungkin

Di swalayan dan supermarket sekalipun, potongan harga karena ada diskon memang sangat menyenangkan.

6. Jangan Tergoda Kemasan

Yang terpenting, pastikan ibu berbelanja produk yang kemasannya utuh dan tidak cacat. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Siapkan Kartu Diskon, dan Belanja Seperlunya Saja

Jangan lupa untuk menerapkan catatan list 12 produk utama yang harus dibeli, sebagai prioritas utama belanja Anda. Belanja hemat, akan jauh lebih mengasyikan bukan?

– Dikutip dari ekonomi.kompas.com

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.