Belajar

Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Ini Belajar di Stasiun Setiap Malam

Posted on

Pendidikan adalah salah salah satu cara untuk seseorang dapat terlepas dari lingkaran kemiskinan. Namun tak jarang kemiskinan justru menjadi faktor penghalang seseorang untuk mendapat pendidikan yang layak.

Stasiun-Kereta

Hal itu ternyata tidak berlaku untuk Divya, bocah asal India yang setiap malam selalu datang ke Stasiun Kereta Orai, Uttar Pradesh, India. Dengan mengenakan pakaian usang dan kotor, ia berjalan membawa tas ransel hitam ke stasiun tanpa alas kaki . Tujuan utamanya bukanlah untuk naik kereta api, tetapi untuk mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh gurunya.

Stasiun

Rajesh Kumar Singh, salah satu penumpang kereta sempat memotret foto Divya dan mengunggahnya di akun Facebook miliknya. Rajesh juga menceritakan perbincangan dia dengan Divya.

Rajesh mengaku terkejut saat melihat Divya duduk di lantai sedang mengerjakan tugasnya dengan fokus. Hanya dengan mengandalkan lampu neon di stasiun, Divya nampak tak mempedulikan orang-orang yang lewat di sekitarnya.

Sinau

Menurut Rajesh, Divya rela datang hanya untuk mencari cahaya yang ada di stasiun karena di rumahnya tidak ada listrik. Rumah terletak di kawasan perkampungan miskin, bernama Uttar Pradesh.

Wilayah Uttar Pradesh dikenal sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak dan salah satu kota termiskin di India. Seperlima dari penduduknya berasal dari kelas bawah dan memegang posisi terendah dalam sistem kasta India.

Belajar-Menulis

Ekonomi sulit adalah alasan mengapa 240 juta orang tidak memiliki aliran listrik. Oleh karena itu, hal yang dilakukan oleh Divya di stasiun sudah menjadi pemandangan umum bagi masyarakat kelas bawah. Bukan hanya itu, sebagian besar toko di perkampungan Fateh Nagla, Uttar Pradesh, tempat tinggal Divya memanfaatkan tenaga surya, baterai, bahkan diesel sebagai penerang.

Anak-Belajar

Pada malam hari biasanya Divya dan keluarganya hanya mengandalkan lampu minyak tanah yang dibakar sebagai penerang. Namun, hal tersebut jarang dilakukan karena dapat mengakibatkan kebakaran. Melihat usaha Divya yang keras, ketekunan, kemauan belajar, membuat Rajesh tersentuh dan memutuskan untuk mengunggah foto Divya di akun Facebook miliknya. Foto tersebut kini ramai di perbincangkan masyarakat, khusunya pengguna media sosial.

– Dikutip dari Kumparan.com

Gravatar Image
Berusaha. Semua pasti akan terwujud.